Multivitamin

Perubahan iklim dan cuaca yang terjadi sekarang ini, menyebabkan terjadinya perubahan besar dalam berbagai hal termasuk dalam bidang kesehatan. Sering sekali kita saksikan laporan di berbagai media tentang munculnya virus-virus baru yang sangat infeksius lebih dari virus-virus yang ada sebelumnya. Contoh yang paling populer adalah flu burung, dan virus SARS yang memakan korban jiwa tidak sedikit di berbagai negara termasuk indonesia. Para peneliti dan para ahli terkait sekarang ioni tentu tidak tinggal diam dan melakukan berbagai upaya untuk menemukan obat yang manjur tidak hanya untuk menghindari tetapi juga menyembuhkan pasien dari infeksi virus virus baru tersebut.

Sayangnya, penemuan dan pengembangan virus baru tidak secepat munculnya virus virus tersebut. Belum selesai pengembangan antivirus yang satu, virus lainnya kembali muncul. Pengembangan obat memang bukan perkara mudah. Karena tahapan pengembangan obat sendiri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, waktu serta pembuktian klinis yang tidak sebentar. Hal ini karena obat merupakan komoditi yang penting bagi kehidupan manusia sehingga  berbagai instansi terkait misalnya BPOM, FDA, atau badan berwenang lainnya tidak dengan mudah memberikan persetujuan terhadap penggunaan suatu obat baru sebelum terbukti khasiat dan keamanannya.

Lalu bagaimana cara kita untuk menghadapi serangan virus-virus baru ini? Mengingat kemunculannya yang sering tidak diduga-duga dan tidak jarang menyebabkan kematian. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan kita. Karena pada dasarnya, Tubuh kita punya mekanisme pertahanan tubuh melawan virus-virus tersebut. Virus hanya akan bersifat infeksius ketika daya tahan tubuh kita menurun, sehingga fungsi-fungsi sistem pertahanan tubuh tidak berjalan optimal.

Sesungguhnya cara merawat kesehatan sangatlah mudah. Yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga, makan makanan yang mengandung semua komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak merokok, tidur yang cukup, tidak mengkonsumsi alcohol dan lain sebagainya. Akan tetapi diera sekarang ini, gaya hidup sehat tidak dapat benar-benar diterapkan.  Tuntutan pekerjaan, polusi lingkungan, menyebabkan gaya hidup sedentary tidak dapat dihindari sepenuhnya. Keterbatasan waktu dan meningkatnya kebutuhan hidup menyebabkan kebanyakan orang tidak sempat berolahraga, memilah milih makanan sesuai standar gizi, apalagi menghindari polusi yang terjadi dimana-mana terutama dikota-kota besar.

Dengan demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang tidak terpenihi dari makanan agar dapat menjaga daya tahan tubuh. Saat ini berbagai perusahan farmasi menjadikan multivitamin sebagai primadona. Berbagai sediaan multivitamin dapat diperoleh dipasaran dengan komposisi yang beragam sehingga tersedia berbagai pilihan bagi pasien. Produk-produk multivitamin ini jga tersedia dalam berbagai range harga. Mulai dari yang murah hingga yang mahal sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Meskipun begitu, sebaiknya mengkonsultasikan dulu dengan apoteker dan dokter anda dalam memilih produk multivitamin mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.